
[permalink]efek cerutu[/permalink]
Nama PT Taru Martani kembali berubah menjadi Perusahaan Negara Perindustrian Rakyat Budjana Jasa. Ini terjadi saat pemerintah memutuskan policy untuk merasionalisasi semua perusahaan Belanda. Dan ketika ada pergantian rezim Soekarno ke rezim Soeharto, perusahaan ini mengalami kembang kempis dan cuma dapat mempekerjakan sekitar 100 orang. efek cerutu
Nama PT Taru Martani kembali berubah menjadi Perusahaan Negara Perindustrian Rakyat Budjana Jasa. Ini terjadi saat pemerintah mempertimbangkan policy untuk merasionalisasi segala perusahaan Belanda. Dan ketika ada pergantian rezim Soekarno ke rezim Soeharto, perusahaan ini mengalami kembang kempis dan cuma bisa mempekerjakan sekitar 100 orang.
efek cerutu
Tahun 1972, HB IX--kala itu menjabat wakil presiden--kembali mengambil peranan. Perusahaan ini lagi-lagi menjadi milik pemerintah DIY. Nama bahkan berubah lagi menjadi PT Taru Martani Baru.
Dan di tahun 1930, Fa Negresco menjalankan ekspansi dengan menambah pekerja menjadi 1.000 orang yang sebagian besar untuk membuat cerutu buatan tangan. Tidak lama kemudian, Jepang masuk Indonesia, dan ini menimbulkan perubahan besar. Nama Negresco berubah menjadi Jawa Tobacco Kojo. Pabrik inipun dilengkapi pula dengan mesin pembuat rokok sigaret hasil sitaan dari British American Tobacco (BAT) yang terletak 200 mil barat laut kota Cirebon. Bermodalkan mesin hasil sitaan ini, dan melibatkan 2000 pekerja, pabrik ini membuat cerutu Momo Taro dan dua merek sigaret adalah Mizuo dan Koa. Kesemua ini untuk konsumsi Angkatan Bersenjata Kekaisaran Jepang.
seiring dengan kemajuan dalam bisnisnya Pabrik FA Negresco mengerjakan penerimaan pekerja hingga seribu orang, disaat jepang datang ke Indonesia dan mengambil alih pabrik, sehingga perubahan besar bahkan terjadi, pabrik berganti nama menjadi Jawa Tobacco Kojo dan mempunyai mesin baru hasil sitaan British American Tobacco (BAT) yang lokasinya di Cirebon. Berbekal mesin hasil sitaan ini, dan melibatkan duaribu pekerja, pabrik ini memproduksi cerutu Momo Taro dan dua merek sigaret yakni Mizuo dan Koa. Kesemua ini untuk konsumsi Angkatan Bersenjata Kekaisaran Jepang.
1 Tahun kemudian, Bank Indonesia dan DIY membeli Pabrik ini kembali dan kembali menciptakan nama Taru Martani sebagai Nama Pabriknya. Cerutu yang diproduksi itu seperti Adipati, Ramayana, Mundi victor, Senator dan masih banyak lainnya.
Sri Sultan Hamengku Buwono XI memberikan nama Taru Martani yang berarti Daun Kehidupan, yang bermaksud agar Pabrik cerutu tersebut terus memberikan kehidupan ke sekitarnya. Meskipun tak luput dilanda krisis yang menerpa Indonesia dan pernah pula menghentikan ekspor ke mancanegara, dan yang hebat lagi dengan masih menggunakan alat-alat kuno peninggalan Belanda, toh pabrik cerutu ini masih eksis sampai sekarang dengan mempekerjakan sekitar 356 karyawan.
Didirikan tahun 1918 dengan nama Firma (Fa) Negresco dengan 25 pekerja, pada mulanya produksi cerutu Taru Martani hanya untuk konsumsi orang-orang Belanda di Yogya--yang konsisten berkeinginan menikmati cerutu--sesudah bertahun-tahun kekurangan imbas Perang Dunia I. Namun dalam perkembangannya, cerutu ini juga dijual ke daerah Hindia Belanda dan ketika itu memperoleh sambutan yang cukup bagus.
Banyak cerutu modern, sebagai situasi sulit prestise dan mutu, masih digulung dengan tangan, paling terutamanya di Amerika Tengah dan Kuba dan juga di chinchales ditemukan di hampir segala kota yang cukup besar di Amerika Serikat. Kotak-kotak cerutu linting tangan beruang sempurna mente kalimat yang mano (benar-benar dengan tangan) atau handmade (dihasilkan dengan tangan).
Cerutu terdiri dari tiga variasi daun tembakau, ragam yang bakal menilai rasa mengisap rokok dan karakteristik:
Sebuah rokok akan telihat dari balutan daun terluar atau pembungkus yang berasal dari elemen perkebunan yang luas dan penentuan atas pembungkus rokok dapat menyatakan karakter dan rasa tergolong dengan warnanya yang tidak jarang dipergunakan guna membuktikan rokok secara keseluruhan. Penunjuk warna yang yakni sebagai berikut, dari cemerlang ke gelap:
lazim, pembungkus yang gelap menambahkan sentuhan cerutu, meski untuk yang enteng menandakan firasat kekeringan ke rasa. Pada umumnya diterima bahwa pembungkus menyumbang selama 40 persen dari rasa, meskipun isi dan penutup mendonasikan 60 persen untuk cita-rasa. ini lazimnya diterima bahwa rokok Maduro lebih powerful dalam urusan rasa dikomparasikan dengan rokok yang sama dalam bungkus yang lebih enteng akan tapi ini tak berlaku untuk segala produk cerutu.
Penutup bungkus atau binder adalah daun elastis diaplikasikan untuk terus bareng pengisi tandan. Pada dasarnya, binder yakni pembungkus yang membungkus lubang, kerusakan, evolusi warna atau pembuluh daun yang berkelebihan.
Cerutu seringkali dikategorikan menurut ukuran dan format cerutu yang secara bersama-sama diketahui sebagai vitola.
Ukuran rokok diukur oleh dua dimensi: berdasarkan cincin ukuran (diameter dalam enam puluh-perempat dalam satu inci) dan panjang (dalam inci).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar