
Pabrik cerutu PD Taru Martani yang kini berusia 100 tahun (1918-2018) mempunyai sejarah penting bagi industri rokok di dalam negeri. Perusahaan rokok cerutu peninggalan Belanda yang berlokasi di Yogyakarta ini sempat merasakan masa kejayaan dan juga cukup lama kembang kempis dalam perjalanannya. walau keterpurukan yang hampir menimpa pabrik , Taru martani dengan gagahnya konsisten mempertahankan kejayaannya. Jual Cerutu Ramayana di Suka Makmue
Tahun 1972, HB IX--kala itu menjabat wakil presiden--kembali mengambil peranan. Perusahaan ini lagi-lagi menjadi milik pemerintah DIY. Nama malahan berubah lagi menjadi PT Taru Martani Baru.
Jual Cerutu Ramayana di Suka Makmue
Selang setahun kemudian, pemerintah Tempat Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Bank Indonesia membeli perusahaan ini dan namanya kembali menjadi PT Taru Martani. Ada tiga merek cerutu yang diproduksi, yakni Mundi Victor, Senator dan Elomercio. Sementara untuk kertas sigaret merupakan Chaveaux Blancs. Dan pada tahun 1957, menambah lagi produknya berupa tembakau shag dan dua merek rokok kretek, yaitu Roro Mendut dan Roro Jonggrang.
1 Tahun kemudian, Bank Indonesia dan DIY membeli Pabrik ini kembali dan kembali menghasilkan nama Taru Martani sebagai Nama Pabriknya. Cerutu yang diproduksi itu seperti Adipati, Ramayana, Mundi victor, Senator dan masih banyak lainnya.
Sesudah PD II berakhir, HB IX mengambil inisiatif untuk mengambil alih dan mengganti nama perusahaan ini menjadi Taru Martani. Tapi pada tahun 1949, Belanda kembali menguasai Yogya, dan pabrik malahan jatuh ke tangan Negresco, pemilik lama. Walaupun demikian itu, pabrik tidak dapat beroperasi karena terjadi kekacauan politik. Dan pada tahun 1951, BAT memboyong kembali mesin-mesinnya ke Cirebon. Alhasil, pabrik di Yogya dibiarkan kosong seperti itu saja.
Sri Sultan Hamengku Buwono XI memberikan nama Taru Martani yang berarti Daun Kehidupan, yang bermaksud agar Pabrik cerutu hal yang demikian terus memberikan kehidupan ke sekitarnya. Pabrik ini malah sudah mengalami bermacam krisis, sehingga sempat menghentikan ekspornya ke pasar luar negeri, tapi pabrik yang konsisten menerapkan peralatan kuno ini dalam produksinya, sampai sekarang masih tetap eksis berdiri.
Selang setahun kemudian, pemerintah Tempat Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Bank Indonesia membeli perusahaan ini dan namanya kembali menjadi PT Taru Martani. Ada tiga merek cerutu yang diproduksi, ialah Mundi Victor, Senator dan Elomercio. Sementara untuk kertas sigaret ialah Chaveaux Blancs. Dan pada tahun 1957, menambah lagi produknya berupa tembakau shag dan dua merek rokok kretek, merupakan Roro Mendut dan Roro Jonggrang.
Dan di tahun 1930, Fa Negresco menjalankan ekspansi dengan menambah pekerja menjadi 1.000 orang yang sebagian besar untuk membikin cerutu buatan tangan. Tidak lama kemudian, Jepang masuk Indonesia, dan ini memunculkan perubahan besar. Nama Negresco berubah menjadi Jawa Tobacco Kojo. Pabrik inipun dilengkapi pula dengan mesin pembuat rokok sigaret hasil sitaan dari British American Tobacco (BAT) yang berlokasi 200 mil barat laut kota Cirebon. Bermodalkan mesin hasil sitaan ini, dan melibatkan 2000 pekerja, pabrik ini membuat cerutu Momo Taro dan dua merek sigaret adalah Mizuo dan Koa. Kesemua ini untuk konsumsi Angkatan Bersenjata Kekaisaran Jepang.
Banyak cerutu modern, sebagai persoalan prestise dan kwalitas, masih digulung dengan tangan, paling khususnya di Amerika Tengah dan Kuba dan juga di chinchales ditemukan di hampir semua kota yang cukup besar di Amerika Serikat. Kotak-kotak cerutu linting tangan beruang total mente kalimat yang mano (benar-benar dengan tangan) atau handmade (dijadikan dengan tangan).
Cerutu terdiri dari tiga macam daun tembakau, ragam yang bakal mengukur rasa mengisap rokok dan karakteristik:
Sebuah rokok akan telihat dari balutan daun terluar atau pembungkus yang berasal dari faktor perkebunan yang luas dan penentuan atas pembungkus rokok bisa menyuarakan karakter dan rasa tergolong dengan warnanya yang tak jarang dipergunakan guna membuktikan rokok secara keseluruhan. Penunjuk warna yang adalah sebagai berikut, dari cerah ke gelap:
umum, pembungkus yang gelap menambahkan sentuhan cerutu, meskipun untuk yang enteng membuktikan firasat kekeringan ke rasa. Pada umumnya diterima bahwa pembungkus mendonasi selama 40 persen dari rasa, sedangkan isi dan penutup menyumbangkan 60 persen untuk cita-rasa. ini lazimnya diterima bahwa rokok Maduro lebih powerful dalam urusan rasa dikomparasikan dengan rokok yang sama dalam bungkus yang lebih enteng akan tetapi ini tidak berlaku untuk semua produk cerutu.
Penutup bungkus atau binder yaitu daun elastis dipakai untuk terus bareng pengisi tandan. Pada dasarnya, binder yaitu pembungkus yang membungkus lubang, kerusakan, evolusi warna atau pembuluh daun yang berkelebihan.
Cerutu seringkali dikategorikan menurut ukuran dan wujud cerutu yang secara bersama-sama dikenal sebagai vitola.
Ukuran rokok diukur oleh dua dimensi: menurut cincin ukuran (diameter dalam enam puluh-perempat dalam satu inci) dan panjang (dalam inci).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar