
Setelah PD II usai, HB IX mengambil inisiatif untuk mengambil alih dan mengganti nama perusahaan ini menjadi Taru Martani. Namun pada tahun 1949, Belanda kembali merajai Yogya, dan pabrik bahkan jatuh ke tangan Negresco, pemilik lama. Meskipun semacam itu, pabrik tidak bisa beroperasi karena terjadi kekacauan politik. Dan pada tahun 1951, BAT memboyong kembali mesin-mesinnya ke Cirebon. Kesudahannya, pabrik di Yogya dibolehkan kosong begitu saja. Jual cerutu di Bangil
Dan di tahun 1930, Fa Negresco melakukan ekspansi dengan menambah pekerja menjadi 1.000 orang yang sebagian besar untuk membuat cerutu buatan tangan. Tak lama kemudian, Jepang masuk Indonesia, dan ini menimbulkan perubahan besar. Nama Negresco berubah menjadi Jawa Tobacco Kojo. Pabrik inipun dilengkapi pula dengan mesin pembuat rokok sigaret hasil sitaan dari British American Tobacco (BAT) yang berlokasi 200 mil barat laut kota Cirebon. Bermodalkan mesin hasil sitaan ini, dan melibatkan 2000 pekerja, pabrik ini membikin cerutu Momo Taro dan dua merek sigaret ialah Mizuo dan Koa. Kesemua ini untuk konsumsi Angkatan Bersenjata Kekaisaran Jepang.
Jual cerutu di Bangil
Tahun 1972, HB IX--kala itu menjabat wakil presiden--kembali mengambil peranan. Perusahaan ini lagi-lagi menjadi milik pemerintah DIY. Nama malahan berubah lagi menjadi PT Taru Martani Baru.
Pabrikan yang didirikan 100 Tahun lalu telah memiliki kisah cerita yang panjang bagi industri Rokok di Indonesia, Pabrik itu adalah PD Taru Martani. Perusahaan rokok cerutu peninggalan Belanda yang berlokasi di Yogyakarta ini sempat menikmati masa kejayaan dan juga cukup lama kembang kempis dalam perjalanannya. walau keterpurukan yang hampir menimpa pabrik , Taru martani dengan gagahnya konsisten mempertahankan kejayaannya.
Taru yaitu daun sementara Martani berarti kehidupan. Jadi, Taru Martani adalah daun yang memberi kehidupan. Itulah nama yang diberi Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) IX untuk pabrik cerutu yang berlokasi di Baciro, Yogyakarta. Nama itu tak sia-sia. Meski tidak luput dilanda krisis yang menerpa Indonesia dan pernah pula menghentikan ekspor ke mancanegara, dan yang hebat lagi dengan masih menggunakan alat-alat kuno peninggalan Belanda, toh pabrik cerutu ini masih eksis hingga kini dengan mempekerjakan sekitar 356 karyawan.
Sesudah PD II berakhir, HB IX mengambil inisiatif untuk mengambil alih dan mengganti nama perusahaan ini menjadi Taru Martani. Tapi pada tahun 1949, Belanda kembali merajai Yogya, dan pabrik pun jatuh ke tangan Negresco, pemilik lama. Meski semacam itu, pabrik tidak dapat beroperasi karena terjadi kekacauan politik. Dan pada tahun 1951, BAT memboyong kembali mesin-mesinnya ke Cirebon. Walhasil, pabrik di Yogya diperbolehkan kosong begitu saja.
Pabrik cerutu PD Taru Martani yang sekarang berusia 100 tahun (1918-2018) memiliki sejarah penting bagi industri rokok di dalam negeri. Perusahaan rokok cerutu peninggalan Belanda yang terletak di Yogyakarta ini sempat menikmati masa kejayaan dan juga cukup lama kembang kempis dalam perjalanannya. Melainkan, di tengah berbagai badai yang menimpa, PD Taru Martani tetap berdiri, pun ada pedoman-petunjuk mulai bangkit.
Setelah PD II usai, HB IX mengambil inisiatif untuk mengambil alih dan mengganti nama perusahaan ini menjadi Taru Martani. Melainkan pada tahun 1949, Belanda kembali menguasai Yogya, dan pabrik malahan jatuh ke tangan Negresco, pemilik lama. Sedangkan demikian itu, pabrik tak bisa beroperasi karena terjadi kekacauan politik. Dan pada tahun 1951, BAT memboyong kembali mesin-mesinnya ke Cirebon. Hasilnya, pabrik di Yogya diizinkan kosong begitu saja.
Masih banyak sekali ditemukan cerutu yang bermutu kelas premium diciptakan dengan mengaplikasikan tangan, hal ini yang membikin nila cerutu bertambah lebih prestise, seperti cerutu kuba dan cerutu di amerika tengah, para penikmat cerutu lebih suka dengan cerutu hasil buatan tangan.
Cerutu terdiri dari tiga variasi daun tembakau, ragam yang bakal mengevaluasi rasa mengisap rokok dan karakteristik:
Sebuah rokok akan telihat dari balutan daun terluar atau pembungkus yang berasal dari elemen perkebunan yang luas dan penentuan atas pembungkus rokok bisa menyuarakan karakter dan rasa tergolong dengan warnanya yang tak jarang dipergunakan guna menggambarkan rokok secara keseluruhan. Penunjuk warna yang yakni sebagai berikut, dari cerah ke gelap:
awam, pembungkus yang gelap menambahkan sentuhan cerutu, padahal untuk yang enteng menandakan firasat kekeringan ke rasa. Pada lazimnya diterima bahwa pembungkus menyumbang selama 40 persen dari rasa, sedangkan isi dan penutup mendonasikan 60 persen untuk cita-rasa. ini umumnya diterima bahwa rokok Maduro lebih powerful dalam urusan rasa dikomparasikan dengan rokok yang sama dalam bungkus yang lebih enteng akan namun ini tidak berlaku untuk segala produk cerutu.
Penutup bungkus atau binder merupakan daun elastis digunakan untuk terus bareng pengisi tandan. Pada dasarnya, binder yaitu pembungkus yang membungkus lubang, kerusakan, evolusi warna atau pembuluh daun yang berkelebihan.
Cerutu seringkali dikelompokkan menurut ukuran dan format cerutu yang secara bersama-sama dikenal sebagai vitola.
Ukuran rokok dievaluasi oleh dua dimensi: berdasarkan cincin ukuran (diameter dalam enam puluh-perempat dalam satu inci) dan panjang (dalam inci).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar