
[permalink]cerutu pdf[/permalink]
Selang setahun kemudian, pemerintah Tempat Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Bank Indonesia membeli perusahaan ini dan namanya kembali menjadi PT Taru Martani. Ada tiga merek cerutu yang diproduksi, yaitu Mundi Victor, Senator dan Elomercio. Sementara untuk kertas sigaret merupakan Chaveaux Blancs. Dan pada tahun 1957, menambah lagi produknya berupa tembakau shag dan dua merek rokok kretek, adalah Roro Mendut dan Roro Jonggrang. cerutu pdf
Taru yaitu daun sementara Martani berarti kehidupan. Jadi, Taru Martani ialah daun yang memberi kehidupan. Itulah nama yang diberi Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) IX untuk pabrik cerutu yang terletak di Baciro, Yogyakarta. Nama itu tak sia-sia. Walaupun tak luput dilanda krisis yang menerpa Indonesia dan pernah pula menghentikan ekspor ke mancanegara, dan yang hebat lagi dengan masih memakai alat-alat kuno peninggalan Belanda, toh pabrik cerutu ini masih eksis sampai sekarang dengan mempekerjakan sekitar 356 karyawan.
cerutu pdf
Tahun 1972, HB IX--kala itu menjabat wakil presiden--kembali mengambil peranan. Perusahaan ini lagi-lagi menjadi milik pemerintah DIY. Nama malah berubah lagi menjadi PT Taru Martani Baru.
Nama PT Taru Martani kembali berubah menjadi Perusahaan Negara Perindustrian Rakyat Budjana Jasa. Ini terjadi saat pemerintah mempertimbangkan policy untuk merasionalisasi semua perusahaan Belanda. Dan saat ada pergantian rezim Soekarno ke rezim Soeharto, perusahaan ini mengalami kembang kempis dan cuma bisa mempekerjakan sekitar 100 orang.
Dan di tahun 1930, Fa Negresco mengerjakan ekspansi dengan menambah pekerja menjadi 1.000 orang yang beberapa besar untuk membuat cerutu buatan tangan. Tak lama kemudian, Jepang masuk Indonesia, dan ini menimbulkan perubahan besar. Nama Negresco berubah menjadi Jawa Tobacco Kojo. Pabrik inipun dilengkapi pula dengan mesin pembuat rokok sigaret hasil sitaan dari British American Tobacco (BAT) yang terletak 200 mil barat laut kota Cirebon. Bermodalkan mesin hasil sitaan ini, dan melibatkan 2000 pekerja, pabrik ini membuat cerutu Momo Taro dan dua merek sigaret adalah Mizuo dan Koa. Kesemua ini untuk konsumsi Angkatan Bersenjata Kekaisaran Jepang.
Didirikan tahun 1918 dengan nama Firma (Fa) Negresco dengan 25 pekerja, pada awalnya produksi cerutu Taru Martani cuma untuk konsumsi orang-orang Belanda di Yogya--yang konsisten berharap menikmati cerutu--sesudah bertahun-tahun kekurangan imbas Perang Dunia I. Tetapi dalam perkembangannya, cerutu ini juga dijual ke daerah Hindia Belanda dan ketika itu memperoleh sambutan yang cukup bagus.
Nama PT Taru Martani kembali berubah menjadi Perusahaan Negara Perindustrian Rakyat Budjana Jasa. Ini terjadi saat pemerintah memutuskan policy untuk merasionalisasi segala perusahaan Belanda. Dan ketika ada pergantian rezim Soekarno ke rezim Soeharto, perusahaan ini mengalami kembang kempis dan hanya bisa mempekerjakan sekitar 100 orang.
Selang setahun kemudian, pemerintah Tempat Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Bank Indonesia membeli perusahaan ini dan namanya kembali menjadi PT Taru Martani. Ada tiga merek cerutu yang diproduksi, merupakan Mundi Victor, Senator dan Elomercio. Sementara untuk kertas sigaret yakni Chaveaux Blancs. Dan pada tahun 1957, menambah lagi produknya berupa tembakau shag dan dua merek rokok kretek, yaitu Roro Mendut dan Roro Jonggrang.
Masih banyak sekali ditemukan cerutu yang berkwalitas kelas premium dijadikan dengan menggunakan tangan, hal ini yang membikin nila cerutu bertambah lebih prestise, seperti cerutu kuba dan cerutu di amerika tengah, para penikmat cerutu lebih menyenangi dengan cerutu hasil buatan tangan.
Cerutu terdiri dari tiga variasi daun tembakau, jenis yang bakal mengukur rasa mengisap rokok dan karakteristik:
Sebuah rokok akan telihat dari balutan daun terluar atau pembungkus yang berasal dari unsur perkebunan yang luas dan penentuan atas pembungkus rokok dapat mengungkapkan karakter dan rasa tergolong dengan warnanya yang tidak jarang dipergunakan guna menandakan rokok secara keseluruhan. Penunjuk warna yang yaitu sebagai berikut, dari cerah ke gelap:
umum, pembungkus yang gelap menambahkan sentuhan cerutu, padahal untuk yang enteng membuktikan firasat kekeringan ke rasa. Pada umumnya diterima bahwa pembungkus mendonasi selama 40 persen dari rasa, padahal isi dan penutup mendonasikan 60 persen untuk cita-rasa. ini umumnya diterima bahwa rokok Maduro lebih powerful dalam urusan rasa dikomparasikan dengan rokok yang sama dalam bungkus yang lebih enteng akan tetapi ini tak berlaku untuk seluruh produk cerutu.
Penutup bungkus atau binder ialah daun elastis diterapkan untuk terus bareng pengisi tandan. Pada dasarnya, binder yakni pembungkus yang membungkus lubang, kerusakan, evolusi warna atau pembuluh daun yang berkelebihan.
Cerutu seringkali diklasifikasikan menurut ukuran dan wujud cerutu yang secara bersama-sama dikenal sebagai vitola.
Ukuran rokok dinilai oleh dua dimensi: berdasarkan cincin ukuran (diameter dalam enam puluh-perempat dalam satu inci) dan panjang (dalam inci).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar