
Pabrikan yang didirikan 100 Tahun lalu sudah mempunyai kisah cerita yang panjang bagi industri Rokok di Indonesia, Pabrik itu merupakan PD Taru Martani. Belanda meninggalkan catatan sejarah dimana mereka membangun pabrik cerutu di jogjakarta yang sempat menikmati masa keemasan dan naik turun dalam membangun pabrik Taru Martani Melainkan, di tengah berbagai badai yang menimpa, PD Taru Martani konsisten berdiri, bahkan ada pedoman-pedoman mulai bangkit. Jual Cerutu lokal di Supiori
seiring dengan kemajuan dalam bisnisnya Pabrik FA Negresco melakukan penerimaan pekerja hingga seribu orang, disaat jepang datang ke Indonesia dan mengambil alih pabrik, sehingga perubahan besar malah terjadi, pabrik berganti nama menjadi Jawa Tobacco Kojo dan memiliki mesin baru hasil sitaan British American Tobacco (BAT) yang letaknya di Cirebon. Berbekal mesin hasil sitaan ini, dan melibatkan duaribu pekerja, pabrik ini memproduksi cerutu Momo Taro dan dua merek sigaret merupakan Mizuo dan Koa. Kesemua ini untuk konsumsi Angkatan Bersenjata Kekaisaran Jepang.
Jual Cerutu lokal di Supiori
Sesudah PD II usai, HB IX mengambil inisiatif untuk mengambil alih dan mengganti nama perusahaan ini menjadi Taru Martani. Namun pada tahun 1949, Belanda kembali menguasai Yogya, dan pabrik malah jatuh ke tangan Negresco, pemilik lama. Meski begitu, pabrik tak bisa beroperasi sebab terjadi kekacauan politik. Dan pada tahun 1951, BAT memboyong kembali mesin-mesinnya ke Cirebon. Kesudahannya, pabrik di Yogya dibolehkan kosong demikian itu saja.
seiring dengan kemajuan dalam bisnisnya Pabrik FA Negresco mengerjakan penerimaan pekerja sampai seribu orang, disaat jepang datang ke Indonesia dan mengambil alih pabrik, sehingga perubahan besar malah terjadi, pabrik berganti nama menjadi Jawa Tobacco Kojo dan mempunyai mesin baru hasil sitaan British American Tobacco (BAT) yang letaknya di Cirebon. Berbekal mesin hasil sitaan ini, dan melibatkan duaribu pekerja, pabrik ini memproduksi cerutu Momo Taro dan dua merek sigaret merupakan Mizuo dan Koa. Kesemua ini untuk konsumsi Angkatan Bersenjata Kekaisaran Jepang.
Sri Sultan Hamengku Buwono XI memberikan nama Taru Martani yang berarti Daun Kehidupan, yang bermaksud supaya Pabrik cerutu tersebut terus memberikan kehidupan ke sekitarnya. Pabrik ini bahkan telah mengalami pelbagai krisis, sehingga sempat menghentikan ekspornya ke pasar luar negeri, tapi pabrik yang konsisten menggunakan kelengkapan kuno ini dalam produksinya, hingga kini masih tetap eksis berdiri.
1 Tahun kemudian, Bank Indonesia dan DIY membeli Pabrik ini kembali dan kembali menghasilkan nama Taru Martani sebagai Nama Pabriknya. Cerutu yang diproduksi itu seperti Adipati, Ramayana, Mundi victor, Senator dan masih banyak lainnya.
Tahun 1972, HB IX--kala itu menjabat wakil presiden--kembali mengambil peranan. Perusahaan ini lagi-lagi menjadi milik pemerintah DIY. Nama pun berubah lagi menjadi PT Taru Martani Baru.
Selang setahun kemudian, pemerintah Tempat Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Bank Indonesia membeli perusahaan ini dan namanya kembali menjadi PT Taru Martani. Ada tiga merek cerutu yang diproduksi, ialah Mundi Victor, Senator dan Elomercio. Sementara untuk kertas sigaret ialah Chaveaux Blancs. Dan pada tahun 1957, menambah lagi produknya berupa tembakau shag dan dua merek rokok kretek, adalah Roro Mendut dan Roro Jonggrang.
Banyak cerutu modern, sebagai masalah prestise dan kualitas, masih digulung dengan tangan, paling terutamanya di Amerika Tengah dan Kuba dan juga di chinchales ditemukan di hampir semua kota yang cukup besar di Amerika Serikat. Kotak-kotak cerutu linting tangan beruang sempurna mente kalimat yang mano (benar-benar dengan tangan) atau handmade (dihasilkan dengan tangan).
Cerutu terdiri dari tiga variasi daun tembakau, jenis yang bakal mengevaluasi rasa mengisap rokok dan karakteristik:
Sebuah rokok akan telihat dari balutan daun terluar atau pembungkus yang berasal dari faktor perkebunan yang luas dan penentuan atas pembungkus rokok bisa menyatakan karakter dan rasa tergolong dengan warnanya yang tidak jarang dipergunakan guna membuktikan rokok secara keseluruhan. Penunjuk warna yang yakni sebagai berikut, dari cemerlang ke gelap:
awam, pembungkus yang gelap menambahkan sentuhan cerutu, sedangkan untuk yang enteng menggambarkan firasat kekeringan ke rasa. Pada umumnya diterima bahwa pembungkus mendonasi selama 40 persen dari rasa, walaupun isi dan penutup mendonasikan 60 persen untuk cita-rasa. ini lazimnya diterima bahwa rokok Maduro lebih powerful dalam urusan rasa dikomparasikan dengan rokok yang sama dalam bungkus yang lebih enteng akan tetapi ini tidak berlaku untuk segala produk cerutu.
Penutup bungkus atau binder merupakan daun elastis digunakan untuk terus bareng pengisi tandan. Pada dasarnya, binder ialah pembungkus yang membungkus lubang, kerusakan, evolusi warna atau pembuluh daun yang berkelebihan.
Cerutu seringkali dikelompokkan menurut ukuran dan format cerutu yang secara bersama-sama dikenal sebagai vitola.
Ukuran rokok diukur oleh dua dimensi: menurut cincin ukuran (diameter dalam enam puluh-perempat dalam satu inci) dan panjang (dalam inci).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar