
[permalink]sejarah cerutu cohiba[/permalink]
Tahun 1972, HB IX--kala itu menjabat wakil presiden--kembali mengambil peranan. Perusahaan ini lagi-lagi menjadi milik pemerintah DIY. Nama malah berubah lagi menjadi PT Taru Martani Baru. sejarah cerutu cohiba
Pabrikan yang didirikan 100 Tahun lalu sudah mempunyai kisah cerita yang panjang bagi industri Rokok di Indonesia, Pabrik itu ialah PD Taru Martani. Belanda meninggalkan catatan sejarah dimana mereka membangun pabrik cerutu di jogjakarta yang sempat merasakan masa keemasan dan naik turun dalam membangun pabrik Taru Martani walau keterpurukan yang hampir menimpa pabrik , Taru martani dengan gagahnya tetap mempertahankan kejayaannya.
sejarah cerutu cohiba
Selang setahun kemudian, pemerintah Tempat Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Bank Indonesia membeli perusahaan ini dan namanya kembali menjadi PT Taru Martani. Ada tiga merek cerutu yang diproduksi, yaitu Mundi Victor, Senator dan Elomercio. Sementara untuk kertas sigaret adalah Chaveaux Blancs. Dan pada tahun 1957, menambah lagi produknya berupa tembakau shag dan dua merek rokok kretek, ialah Roro Mendut dan Roro Jonggrang.
Pabrik cerutu PD Taru Martani yang kini berusia 100 tahun (1918-2018) mempunyai sejarah penting bagi industri rokok di dalam negeri. Belanda meninggalkan catatan sejarah dimana mereka membangun pabrik cerutu di jogjakarta yang sempat merasakan masa keemasan dan naik turun dalam membangun pabrik Taru Martani Namun, di tengah beraneka badai yang menimpa, PD Taru Martani tetap berdiri, bahkan ada tanda-pertanda mulai bangkit.
Pabrikan yang didirikan 100 Tahun lalu sudah memiliki kisah cerita yang panjang bagi industri Rokok di Indonesia, Pabrik itu merupakan PD Taru Martani. Perusahaan rokok cerutu peninggalan Belanda yang terletak di Yogyakarta ini sempat menikmati masa kejayaan dan juga cukup lama kembang kempis dalam perjalanannya. walau keterpurukan yang hampir menimpa pabrik , Taru martani dengan gagahnya konsisten mempertahankan kejayaannya.
seiring dengan kemajuan dalam bisnisnya Pabrik FA Negresco melakukan penerimaan pekerja sampai seribu orang, disaat jepang datang ke Indonesia dan mengambil alih pabrik, sehingga perubahan besar bahkan terjadi, pabrik berganti nama menjadi Jawa Tobacco Kojo dan mempunyai mesin baru hasil sitaan British American Tobacco (BAT) yang lokasinya di Cirebon. Berbekal mesin hasil sitaan ini, dan melibatkan duaribu pekerja, pabrik ini memproduksi cerutu Momo Taro dan dua merek sigaret adalah Mizuo dan Koa. Kesemua ini untuk konsumsi Angkatan Bersenjata Kekaisaran Jepang.
Selang setahun kemudian, pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Bank Indonesia membeli perusahaan ini dan namanya kembali menjadi PT Taru Martani. Ada tiga merek cerutu yang diproduksi, yaitu Mundi Victor, Senator dan Elomercio. Sementara untuk kertas sigaret merupakan Chaveaux Blancs. Dan pada tahun 1957, menambah lagi produknya berupa tembakau shag dan dua merek rokok kretek, adalah Roro Mendut dan Roro Jonggrang.
Didirikan tahun 1918 dengan nama Firma (Fa) Negresco dengan 25 pekerja, pada mulanya produksi cerutu Taru Martani cuma untuk konsumsi orang-orang Belanda di Yogya--yang tetap ingin menikmati cerutu--sesudah bertahun-tahun kekurangan imbas Perang Dunia I. Tapi dalam perkembangannya, cerutu ini juga dipasarkan ke daerah Hindia Belanda dan dikala itu mendapat sambutan yang cukup bagus.
Masih banyak sekali ditemukan cerutu yang berkualitas kelas premium dibuat dengan menerapkan tangan, hal ini yang membuat nila cerutu bertambah lebih prestise, seperti cerutu kuba dan cerutu di amerika tengah, para penikmat cerutu lebih menyenangi dengan cerutu hasil buatan tangan.
Cerutu terdiri dari tiga tipe daun tembakau, tipe yang bakal mengevaluasi rasa mengisap rokok dan karakteristik:
Sebuah rokok akan telihat dari balutan daun terluar atau pembungkus yang berasal dari faktor perkebunan yang luas dan penentuan atas pembungkus rokok bisa mengungkapkan karakter dan rasa tergolong dengan warnanya yang tidak jarang dipergunakan guna menggambarkan rokok secara keseluruhan. Penunjuk warna yang merupakan sebagai berikut, dari cemerlang ke gelap:
lazim, pembungkus yang gelap menambahkan sentuhan cerutu, sedangkan untuk yang enteng menggambarkan firasat kekeringan ke rasa. Pada biasanya diterima bahwa pembungkus mendonasi selama 40 persen dari rasa, sedangkan isi dan penutup berdonasi 60 persen untuk cita-rasa. ini umumnya diterima bahwa rokok Maduro lebih powerful dalam urusan rasa dikomparasikan dengan rokok yang sama dalam bungkus yang lebih enteng akan tetapi ini tak berlaku untuk segala produk cerutu.
Penutup bungkus atau binder yakni daun elastis diterapkan untuk terus bareng pengisi tandan. Pada dasarnya, binder ialah pembungkus yang membungkus lubang, kerusakan, evolusi warna atau pembuluh daun yang berkelebihan.
Cerutu seringkali dikelompokkan berdasarkan ukuran dan format cerutu yang secara bersama-sama diketahui sebagai vitola.
Ukuran rokok dinilai oleh dua dimensi: menurut cincin ukuran (diameter dalam enam puluh-perempat dalam satu inci) dan panjang (dalam inci).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar