
Sesudah PD II usai, HB IX mengambil inisiatif untuk mengambil alih dan mengganti nama perusahaan ini menjadi Taru Martani. Tapi pada tahun 1949, Belanda kembali merajai Yogya, dan pabrik bahkan jatuh ke tangan Negresco, pemilik lama. Padahal seperti itu, pabrik tidak dapat beroperasi karena terjadi kekacauan politik. Dan pada tahun 1951, BAT memboyong kembali mesin-mesinnya ke Cirebon. Walhasil, pabrik di Yogya diperkenankan kosong demikian itu saja. Jual Cerutu Ramayana di Mataram
Sri Sultan Hamengku Buwono XI memberikan nama Taru Martani yang berarti Daun Kehidupan, yang bermaksud agar Pabrik cerutu hal yang demikian terus memberikan kehidupan ke sekitarnya. Pabrik ini malah sudah mengalami bermacam-macam krisis, sehingga sempat menghentikan ekspornya ke pasar luar negeri, tetapi pabrik yang konsisten menerapkan perlengkapan kuno ini dalam produksinya, hingga kini masih tetap eksis berdiri.
Jual Cerutu Ramayana di Mataram
Pabrikan yang didirikan 100 Tahun lalu sudah memiliki kisah cerita yang panjang bagi industri Rokok di Indonesia, Pabrik itu ialah PD Taru Martani. Perusahaan rokok cerutu peninggalan Belanda yang berlokasi di Yogyakarta ini sempat merasakan masa kejayaan dan juga cukup lama kembang kempis dalam perjalanannya. walau keterpurukan yang hampir menimpa pabrik , Taru martani dengan gagahnya konsisten mempertahankan kejayaannya.
Selang setahun kemudian, pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Bank Indonesia membeli perusahaan ini dan namanya kembali menjadi PT Taru Martani. Ada tiga merek cerutu yang diproduksi, merupakan Mundi Victor, Senator dan Elomercio. Sementara untuk kertas sigaret yakni Chaveaux Blancs. Dan pada tahun 1957, menambah lagi produknya berupa tembakau shag dan dua merek rokok kretek, merupakan Roro Mendut dan Roro Jonggrang.
Dan di tahun 1930, Fa Negresco melakukan ekspansi dengan menambah pekerja menjadi 1.000 orang yang beberapa besar untuk membikin cerutu buatan tangan. Tak lama kemudian, Jepang masuk Indonesia, dan ini memunculkan perubahan besar. Nama Negresco berubah menjadi Jawa Tobacco Kojo. Pabrik inipun dilengkapi pula dengan mesin pembuat rokok sigaret hasil sitaan dari British American Tobacco (BAT) yang terletak 200 mil barat laut kota Cirebon. Bermodalkan mesin hasil sitaan ini, dan melibatkan 2000 pekerja, pabrik ini membuat cerutu Momo Taro dan dua merek sigaret yakni Mizuo dan Koa. Kesemua ini untuk konsumsi Angkatan Bersenjata Kekaisaran Jepang.
Didirikan tahun 1918 dengan nama Firma (Fa) Negresco dengan 25 pekerja, pada awalnya produksi cerutu Taru Martani hanya untuk konsumsi orang-orang Belanda di Yogya--yang tetap berharap menikmati cerutu--setelah bertahun-tahun kekurangan imbas Perang Dunia I. Tetapi dalam perkembangannya, cerutu ini juga dijual ke tempat Hindia Belanda dan ketika itu mendapat sambutan yang cukup bagus.
Sesudah PD II usai, HB IX mengambil inisiatif untuk mengambil alih dan mengganti nama perusahaan ini menjadi Taru Martani. Namun pada tahun 1949, Belanda kembali menguasai Yogya, dan pabrik malahan jatuh ke tangan Negresco, pemilik lama. Meskipun demikian itu, pabrik tak bisa beroperasi sebab terjadi kekacauan politik. Dan pada tahun 1951, BAT memboyong kembali mesin-mesinnya ke Cirebon. Alhasil, pabrik di Yogya dibiarkan kosong begitu saja.
Sri Sultan Hamengku Buwono XI memberikan nama Taru Martani yang berarti Daun Kehidupan, yang bermaksud agar Pabrik cerutu tersebut terus memberikan kehidupan ke sekitarnya. Padahal tidak luput dilanda krisis yang menerpa Indonesia dan pernah pula menghentikan ekspor ke mancanegara, dan yang hebat lagi dengan masih memakai alat-alat kuno peninggalan Belanda, toh pabrik cerutu ini masih eksis sampai sekarang dengan mempekerjakan sekitar 356 karyawan.
Masih banyak sekali ditemukan cerutu yang berkwalitas kelas premium dijadikan dengan memakai tangan, hal ini yang membikin nila cerutu bertambah lebih prestise, seperti cerutu kuba dan cerutu di amerika tengah, para penikmat cerutu lebih menyukai dengan cerutu hasil buatan tangan.
Cerutu terdiri dari tiga tipe daun tembakau, tipe yang bakal mengukur rasa mengisap rokok dan karakteristik:
Sebuah rokok akan telihat dari balutan daun terluar atau pembungkus yang berasal dari elemen perkebunan yang luas dan penentuan atas pembungkus rokok bisa menyuarakan karakter dan rasa tergolong dengan warnanya yang tidak jarang dipergunakan guna menggambarkan rokok secara keseluruhan. Penunjuk warna yang merupakan sebagai berikut, dari cerah ke gelap:
lazim, pembungkus yang gelap menambahkan sentuhan cerutu, meskipun untuk yang enteng membuktikan firasat kekeringan ke rasa. Pada biasanya diterima bahwa pembungkus menyumbang selama 40 persen dari rasa, walaupun isi dan penutup mendonasikan 60 persen untuk cita-rasa. ini umumnya diterima bahwa rokok Maduro lebih powerful dalam urusan rasa dikomparasikan dengan rokok yang sama dalam bungkus yang lebih enteng akan tapi ini tidak berlaku untuk seluruh produk cerutu.
Penutup bungkus atau binder yakni daun elastis dipakai untuk terus bareng pengisi tandan. Pada dasarnya, binder merupakan pembungkus yang membungkus lubang, kerusakan, evolusi warna atau pembuluh daun yang berkelebihan.
Cerutu seringkali dikategorikan berdasarkan ukuran dan format cerutu yang secara bersama-sama dikenal sebagai vitola.
Ukuran rokok dievaluasi oleh dua dimensi: berdasarkan cincin ukuran (diameter dalam enam puluh-perempat dalam satu inci) dan panjang (dalam inci).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar