
Setelah PD II berakhir, HB IX mengambil inisiatif untuk mengambil alih dan mengganti nama perusahaan ini menjadi Taru Martani. Tapi pada tahun 1949, Belanda kembali merajai Yogya, dan pabrik malah jatuh ke tangan Negresco, pemilik lama. Padahal demikian itu, pabrik tidak bisa beroperasi sebab terjadi kekacauan politik. Dan pada tahun 1951, BAT memboyong kembali mesin-mesinnya ke Cirebon. Walhasil, pabrik di Yogya diperkenankan kosong seperti itu saja. Jual Cerutu lokal di Sidotopo Wetan
Sri Sultan Hamengku Buwono XI memberikan nama Taru Martani yang berarti Daun Kehidupan, yang bermaksud agar Pabrik cerutu tersebut terus memberikan kehidupan ke sekitarnya. Sedangkan tidak luput dilanda krisis yang menerpa Indonesia dan pernah pula menghentikan ekspor ke mancanegara, dan yang hebat lagi dengan masih memakai alat-alat kuno peninggalan Belanda, toh pabrik cerutu ini masih eksis hingga kini dengan mempekerjakan sekitar 356 karyawan.
Jual Cerutu lokal di Sidotopo Wetan
Selang setahun kemudian, pemerintah Tempat Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Bank Indonesia membeli perusahaan ini dan namanya kembali menjadi PT Taru Martani. Ada tiga merek cerutu yang diproduksi, yaitu Mundi Victor, Senator dan Elomercio. Sementara untuk kertas sigaret ialah Chaveaux Blancs. Dan pada tahun 1957, menambah lagi produknya berupa tembakau shag dan dua merek rokok kretek, yakni Roro Mendut dan Roro Jonggrang.
Nama PT Taru Martani kembali berubah menjadi Perusahaan Negara Perindustrian Rakyat Budjana Jasa. Ini terjadi ketika pemerintah memastikan policy untuk merasionalisasi segala perusahaan Belanda. Dan dikala ada pergantian rezim Soekarno ke rezim Soeharto, perusahaan ini mengalami kembang kempis dan cuma bisa mempekerjakan sekitar 100 orang.
1 Tahun kemudian, Bank Indonesia dan DIY membeli Pabrik ini kembali dan kembali menciptakan nama Taru Martani sebagai Nama Pabriknya. Cerutu yang diproduksi itu seperti Adipati, Ramayana, Mundi victor, Senator dan masih banyak lainnya.
Sesudah PD II usai, HB IX mengambil inisiatif untuk mengambil alih dan mengganti nama perusahaan ini menjadi Taru Martani. Tetapi pada tahun 1949, Belanda kembali merajai Yogya, dan pabrik malah jatuh ke tangan Negresco, pemilik lama. Meski seperti itu, pabrik tak bisa beroperasi karena terjadi kekacauan politik. Dan pada tahun 1951, BAT memboyong kembali mesin-mesinnya ke Cirebon. Akhirnya, pabrik di Yogya diperbolehkan kosong semacam itu saja.
Dan di tahun 1930, Fa Negresco menjalankan ekspansi dengan menambah pekerja menjadi 1.000 orang yang sebagian besar untuk membikin cerutu buatan tangan. Tidak lama kemudian, Jepang masuk Indonesia, dan ini menimbulkan perubahan besar. Nama Negresco berubah menjadi Jawa Tobacco Kojo. Pabrik inipun dilengkapi pula dengan mesin pembuat rokok sigaret hasil sitaan dari British American Tobacco (BAT) yang terletak 200 mil barat laut kota Cirebon. Bermodalkan mesin hasil sitaan ini, dan melibatkan 2000 pekerja, pabrik ini membuat cerutu Momo Taro dan dua merek sigaret yakni Mizuo dan Koa. Kesemua ini untuk konsumsi Angkatan Bersenjata Kekaisaran Jepang.
Pabrikan yang didirikan 100 Tahun lalu sudah mempunyai kisah cerita yang panjang bagi industri Rokok di Indonesia, Pabrik itu yakni PD Taru Martani. Perusahaan rokok cerutu peninggalan Belanda yang terletak di Yogyakarta ini sempat menikmati masa kejayaan dan juga cukup lama kembang kempis dalam perjalanannya. Melainkan, di tengah berbagai badai yang menimpa, PD Taru Martani konsisten berdiri, bahkan ada pedoman-pertanda mulai bangkit.
Masih banyak sekali ditemukan cerutu yang bermutu kelas premium dihasilkan dengan menggunakan tangan, hal ini yang membikin nila cerutu bertambah lebih prestise, seperti cerutu kuba dan cerutu di amerika tengah, para penikmat cerutu lebih menyenangi dengan cerutu hasil buatan tangan.
Cerutu terdiri dari tiga tipe daun tembakau, jenis yang bakal mengevaluasi rasa mengisap rokok dan karakteristik:
Sebuah rokok akan telihat dari balutan daun terluar atau pembungkus yang berasal dari elemen perkebunan yang luas dan penentuan atas pembungkus rokok dapat menyatakan karakter dan rasa tergolong dengan warnanya yang tidak jarang dipergunakan guna menggambarkan rokok secara keseluruhan. Penunjuk warna yang merupakan sebagai berikut, dari cemerlang ke gelap:
lazim, pembungkus yang gelap menambahkan sentuhan cerutu, sedangkan untuk yang enteng menandakan firasat kekeringan ke rasa. Pada lazimnya diterima bahwa pembungkus mendonasi selama 40 persen dari rasa, meski isi dan penutup berdonasi 60 persen untuk cita-rasa. ini umumnya diterima bahwa rokok Maduro lebih powerful dalam urusan rasa dikomparasikan dengan rokok yang sama dalam bungkus yang lebih enteng akan melainkan ini tidak berlaku untuk semua produk cerutu.
Penutup bungkus atau binder ialah daun elastis diterapkan untuk terus bareng pengisi tandan. Pada dasarnya, binder ialah pembungkus yang membungkus lubang, kerusakan, evolusi warna atau pembuluh daun yang berkelebihan.
Cerutu seringkali diklasifikasikan menurut ukuran dan bentuk cerutu yang secara bersama-sama dikenal sebagai vitola.
Ukuran rokok dinilai oleh dua dimensi: menurut cincin ukuran (diameter dalam enam puluh-perempat dalam satu inci) dan panjang (dalam inci).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar