Whatsapp : 0857-8207-8869
Senin - Sabtu : 10.00 - 17.00
Selasa, 16 Februari 2016

foto cerutu

foto cerutu

[permalink]foto cerutu[/permalink]

Setelah PD II berakhir, HB IX mengambil inisiatif untuk mengambil alih dan mengganti nama perusahaan ini menjadi Taru Martani. Melainkan pada tahun 1949, Belanda kembali merajai Yogya, dan pabrik pun jatuh ke tangan Negresco, pemilik lama. Padahal begitu, pabrik tak dapat beroperasi karena terjadi kekacauan politik. Dan pada tahun 1951, BAT memboyong kembali mesin-mesinnya ke Cirebon. Kesudahannya, pabrik di Yogya dibiarkan kosong demikian itu saja. foto cerutu

Sri Sultan Hamengku Buwono XI memberikan nama Taru Martani yang berarti Daun Kehidupan, yang bermaksud supaya Pabrik cerutu tersebut terus memberikan kehidupan ke sekitarnya. Pabrik ini bahkan sudah mengalami bermacam krisis, sehingga sempat menghentikan ekspornya ke pasar luar negeri, melainkan pabrik yang konsisten memakai peralatan kuno ini dalam produksinya, hingga sekarang masih tetap eksis berdiri.

foto cerutu

Dan di tahun 1930, Fa Negresco melakukan ekspansi dengan menambah pekerja menjadi 1.000 orang yang sebagian besar untuk membuat cerutu buatan tangan. Tidak lama kemudian, Jepang masuk Indonesia, dan ini menimbulkan perubahan besar. Nama Negresco berubah menjadi Jawa Tobacco Kojo. Pabrik inipun dilengkapi pula dengan mesin pembuat rokok sigaret hasil sitaan dari British American Tobacco (BAT) yang berlokasi 200 mil barat laut kota Cirebon.  Bermodalkan mesin hasil sitaan ini, dan melibatkan 2000 pekerja, pabrik ini membikin cerutu Momo Taro dan dua merek sigaret merupakan Mizuo dan Koa. Kesemua ini untuk konsumsi Angkatan Bersenjata Kekaisaran Jepang.

Sesudah PD II usai, HB IX mengambil inisiatif untuk mengambil alih dan mengganti nama perusahaan ini menjadi Taru Martani. Tetapi pada tahun 1949, Belanda kembali menguasai Yogya, dan pabrik pun jatuh ke tangan Negresco, pemilik lama. Padahal begitu, pabrik tak dapat beroperasi sebab terjadi kekacauan politik. Dan pada tahun 1951, BAT memboyong kembali mesin-mesinnya ke Cirebon. Akhirnya, pabrik di Yogya diperbolehkan kosong demikian itu saja.

Tahun 1972, HB IX--kala itu menjabat wakil presiden--kembali mengambil peranan. Perusahaan ini lagi-lagi menjadi milik pemerintah DIY. Nama pun berubah lagi menjadi PT Taru Martani Baru.

Setelah PD II usai, HB IX mengambil inisiatif untuk mengambil alih dan mengganti nama perusahaan ini menjadi Taru Martani. Melainkan pada tahun 1949, Belanda kembali menguasai Yogya, dan pabrik pun jatuh ke tangan Negresco, pemilik lama. Padahal demikian itu, pabrik tidak bisa beroperasi karena terjadi kekacauan politik. Dan pada tahun 1951, BAT memboyong kembali mesin-mesinnya ke Cirebon. Alhasil, pabrik di Yogya dibiarkan kosong seperti itu saja.

Sri Sultan Hamengku Buwono XI memberikan nama Taru Martani yang berarti Daun Kehidupan, yang bermaksud supaya Pabrik cerutu hal yang demikian terus memberikan kehidupan ke sekitarnya. Walaupun tidak luput dilanda krisis yang menerpa Indonesia dan pernah pula menghentikan ekspor ke mancanegara, dan yang hebat lagi dengan masih menggunakan alat-alat kuno peninggalan Belanda, toh pabrik cerutu ini masih eksis hingga kini dengan mempekerjakan sekitar 356 karyawan.

Pabrikan yang didirikan 100 Tahun lalu telah memiliki kisah cerita yang panjang bagi industri Rokok di Indonesia, Pabrik itu merupakan PD Taru Martani. Perusahaan rokok cerutu peninggalan Belanda yang terletak di Yogyakarta ini sempat menikmati masa kejayaan dan juga cukup lama kembang kempis dalam perjalanannya. Tapi, di tengah pelbagai badai yang menimpa, PD Taru Martani tetap berdiri, bahkan ada petunjuk-petunjuk mulai bangkit.

Masih banyak sekali ditemukan cerutu yang bermutu kelas premium diciptakan dengan menggunakan tangan, hal ini yang membuat nila cerutu bertambah lebih prestise, seperti cerutu kuba dan cerutu di amerika tengah, para penikmat cerutu lebih menyenangi dengan cerutu hasil buatan tangan.

Cerutu terdiri dari tiga variasi daun tembakau, ragam yang bakal mengevaluasi rasa mengisap rokok dan karakteristik:

 

Sebuah rokok akan telihat dari balutan daun terluar atau pembungkus yang berasal dari elemen perkebunan yang luas dan penentuan atas pembungkus rokok bisa menyuarakan karakter dan rasa tergolong dengan warnanya yang tak jarang dipergunakan guna menandakan rokok secara keseluruhan. Penunjuk warna yang yakni sebagai berikut, dari cemerlang ke gelap:

 

umum, pembungkus yang gelap menambahkan sentuhan cerutu, meskipun untuk yang enteng menandakan firasat kekeringan ke rasa. Pada umumnya diterima bahwa pembungkus menyumbang selama 40 persen dari rasa, padahal isi dan penutup berdonasi 60 persen untuk cita-rasa.  ini biasanya diterima bahwa rokok Maduro lebih powerful dalam urusan rasa dikomparasikan dengan rokok yang sama dalam bungkus yang lebih enteng akan namun ini tidak berlaku untuk semua produk cerutu.

 

Penutup bungkus atau binder merupakan daun elastis dipakai untuk terus bareng pengisi tandan. Pada dasarnya, binder ialah pembungkus yang membungkus lubang, kerusakan, evolusi warna atau pembuluh daun yang berkelebihan.

Cerutu seringkali dikategorikan berdasarkan ukuran dan bentuk cerutu yang secara bersama-sama diketahui sebagai vitola.

 

Ukuran rokok dievaluasi oleh dua dimensi: menurut cincin ukuran (diameter dalam enam puluh-perempat dalam satu inci) dan panjang (dalam inci).

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SHARETHIS