Whatsapp : 0857-8207-8869
Senin - Sabtu : 10.00 - 17.00
Selasa, 01 Maret 2016

filosofi cerutu

filosofi cerutu

[permalink]filosofi cerutu[/permalink]

Taru ialah daun sementara Martani berarti kehidupan. Jadi, Taru Martani merupakan daun yang memberi kehidupan. Itulah nama yang diberi Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) IX untuk pabrik cerutu yang terletak di Baciro, Yogyakarta. Nama itu tak sia-sia. Meskipun tidak luput dilanda krisis yang menerpa Indonesia dan pernah pula menghentikan ekspor ke mancanegara, dan yang hebat lagi dengan masih mengaplikasikan alat-alat kuno peninggalan Belanda, toh pabrik cerutu ini masih eksis sampai sekarang dengan mempekerjakan sekitar 356 karyawan. filosofi cerutu

Setelah PD II usai, HB IX mengambil inisiatif untuk mengambil alih dan mengganti nama perusahaan ini menjadi Taru Martani. Melainkan pada tahun 1949, Belanda kembali menguasai Yogya, dan pabrik malah jatuh ke tangan Negresco, pemilik lama. Meskipun semacam itu, pabrik tidak bisa beroperasi sebab terjadi kekacauan politik. Dan pada tahun 1951, BAT memboyong kembali mesin-mesinnya ke Cirebon. Akhirnya, pabrik di Yogya dibiarkan kosong seperti itu saja.

filosofi cerutu

Sesudah PD II berakhir, HB IX mengambil inisiatif untuk mengambil alih dan mengganti nama perusahaan ini menjadi Taru Martani. Tapi pada tahun 1949, Belanda kembali merajai Yogya, dan pabrik pun jatuh ke tangan Negresco, pemilik lama. Walaupun semacam itu, pabrik tak dapat beroperasi karena terjadi kekacauan politik. Dan pada tahun 1951, BAT memboyong kembali mesin-mesinnya ke Cirebon. Alhasil, pabrik di Yogya dibolehkan kosong begitu saja.

1 Tahun kemudian, Bank Indonesia dan DIY membeli Pabrik ini kembali dan kembali menghasilkan nama Taru Martani sebagai Nama Pabriknya. Cerutu yang diproduksi itu seperti Adipati, Ramayana, Mundi victor, Senator dan masih banyak lainnya.

Pabrik cerutu PD Taru Martani yang kini berusia 100 tahun (1918-2018) memiliki sejarah penting bagi industri rokok di dalam negeri. Perusahaan rokok cerutu peninggalan Belanda yang terletak di Yogyakarta ini sempat merasakan masa kejayaan dan juga cukup lama kembang kempis dalam perjalanannya. walau keterpurukan yang hampir menimpa pabrik , Taru martani dengan gagahnya konsisten mempertahankan kejayaannya.

Tahun 1972, HB IX--kala itu menjabat wakil presiden--kembali mengambil peranan. Perusahaan ini lagi-lagi menjadi milik pemerintah DIY. Nama malah berubah lagi menjadi PT Taru Martani Baru.

Tahun 1972, HB IX--kala itu menjabat wakil presiden--kembali mengambil peranan. Perusahaan ini lagi-lagi menjadi milik pemerintah DIY. Nama pun berubah lagi menjadi PT Taru Martani Baru.

Sri Sultan Hamengku Buwono XI memberikan nama Taru Martani yang berarti Daun Kehidupan, yang bermaksud agar Pabrik cerutu tersebut terus memberikan kehidupan ke sekitarnya. Pabrik ini pun telah mengalami berbagai krisis, sehingga sempat menghentikan ekspornya ke pasar luar negeri, melainkan pabrik yang konsisten menerapkan perlengkapan kuno ini dalam produksinya, sampai kini masih tetap eksis berdiri.

Banyak cerutu modern, sebagai dilema prestise dan kualitas, masih digulung dengan tangan, paling terutama di Amerika Tengah dan Kuba dan juga di chinchales ditemukan di hampir semua kota yang cukup besar di Amerika Serikat. Kotak-kotak cerutu linting tangan beruang total mente kalimat yang mano (benar-benar dengan tangan) atau handmade (diciptakan dengan tangan).

Cerutu terdiri dari tiga variasi daun tembakau, tipe yang bakal mengukur rasa mengisap rokok dan karakteristik:

 

Sebuah rokok akan telihat dari balutan daun terluar atau pembungkus yang berasal dari faktor perkebunan yang luas dan penentuan atas pembungkus rokok dapat mengucapkan karakter dan rasa tergolong dengan warnanya yang tidak jarang dipergunakan guna menandakan rokok secara keseluruhan. Penunjuk warna yang yaitu sebagai berikut, dari cemerlang ke gelap:

 

biasa, pembungkus yang gelap menambahkan sentuhan cerutu, walaupun untuk yang enteng membuktikan firasat kekeringan ke rasa. Pada lazimnya diterima bahwa pembungkus menyumbang selama 40 persen dari rasa, meskipun isi dan penutup berdonasi 60 persen untuk cita-rasa.  ini biasanya diterima bahwa rokok Maduro lebih powerful dalam urusan rasa dikomparasikan dengan rokok yang sama dalam bungkus yang lebih enteng akan tapi ini tak berlaku untuk seluruh produk cerutu.

 

Penutup bungkus atau binder ialah daun elastis diaplikasikan untuk terus bareng pengisi tandan. Pada dasarnya, binder yaitu pembungkus yang membungkus lubang, kerusakan, evolusi warna atau pembuluh daun yang berkelebihan.

Cerutu seringkali diklasifikasikan berdasarkan ukuran dan bentuk cerutu yang secara bersama-sama dikenal sebagai vitola.

 

Ukuran rokok dievaluasi oleh dua dimensi: menurut cincin ukuran (diameter dalam enam puluh-perempat dalam satu inci) dan panjang (dalam inci).

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SHARETHIS